Saturday , December 3 2022

HUT Mandiri Dimeriahkan, Bhakti Sosial

DILI Post – Hari Ulang Tahun (HUT), Bank Mandiri selalu dimeriahkan atau diisi dengan aktifitas kerja bakti, mengajar anak sekolah soal memperkenalkan perbankaan dan sejarah singkat berdirianya Mandiri, juga perkembangangnnya dan merencanakan Mandiri Timor-Leste (TL) ke depannya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Tutur Nungroho Sujiono, tentang HUT Bank Mandiri ke 19. Ini sama seperti tahun kemarín pada tangal 11 Agustus 2003, kegiatan yang dimaksud seperti donor darah, kerja bakti sosiál bersama para pegawai Bank Mandiri di Cristo Rei.

Kegiatan yang di lakukan diselenggarakan pada setiap hari Kamis dan Jumat, yakni pegawai Mandiri yang mengajar, sebagai hadiah ulang tahun ke 19, Mandiri di Timor-Leste. Dari jumlah sekolah yang di datangi 19, sama seperti usia Mandiri yang ke 19 tahun,”ngaku Nungroho, kepada DILI Post, di ruang kerjanya Kolmera, baru-baru ini.

Tujuan dari kegiatan yang dilakukan sebagai ispirasi dari mereka dari Bank Mandiri, dimana untuk memberikan sesuatu yang lebih, selain layanan finansiál perbankan, bahwa mereka punya pegawai daerah ‘lokál’ yang sudah matang, Untuk menjadi guru biar mengajar anak-anak sekolah dan memberikan ispirasi tentang perbankan.

Dan tujuan pertama untuk memperkenalkan perbankan kepada anak-anak di sekolah. Biar ketika anak-anak dewasa, bagaimana cara mengelola keuangan akan jadi skil yang paling di butuhkan.

Tujuan kedua, karena mereka masih kecil dan sekolah dasar pasti punya cita-cita. Jadi mereka pengeng berikan ispirasi buat mereka, biar punya ispirasi, ketika dewasa, akan jadi seperti apa ?.

Semoga bisa jadi salah satu pilihan teman-teman siswa sekolah tadi. Misalnya, jadi seorang banker mengerjakan hal-hal itu yang membutukan hal-hal ini. Jadi, mereka punya ispirasi, cita-cita mimpi dan mereka tau dari awal, sudah bisa merencanakan hidup mereka ke depannya.

Lihat reaksi anak-anak sekolah dan gurunya, pada saat kegiatan dan juga dokumentasi yang ada, terasa sangat antusias dengan kegiatan yang di lakukan oleh pegawai Bank Mandiri dan juga lihat dari pertanyaan mereka, punya keingin tahuan yang sangat tinggi terkait apa itu perbankan dan profesi seorang banker.

Saksi ibu guru yang menyampaikan acaranya cukup baik, cukup seru dan mereka mengucapkan terima kasih, dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada ibu guru karena sudah memberikan ruang dan waktu pada mereka.

Melihat acaranya cukup bisa menbangkitkan ispirasi buat anak-anak sekolah dasar dan apa yang akan direcanakan, tujuannya sudah terprogram ‘dilifer’ dengan baik. Rencana Bank Mandiri tahun depan dengan konsep yang lebih baik lagi dan kemungkinan hasilnya juga akan lebih baik.

Pengen sekolah yang dilibatkan bukan hanya nambah 1 jadi 20, tetapi harus memberikan manfaat yang lebih leluasa, sekarang 19 sekolah ini mungkin belum semua Distrik tapi hampir sebagian Distrik.

Maunya tahun depan Mandiri yang ke 20, kemungkinan bisa sampai Lospalos dan juga Suai dan saat ini yang jauh Atauru, tidak menutup kemungkinan tahun depan mungkin bisa buat acara lebih besar dan seru dari tahun ini. Dengan perencanaan yang lebih matang dan evaluasi apa yang dilakukan di tahun ini.

Tentang sejarah singkat lahirnya Bank Mandiri di Indonesia, sejak 24 tahun yang lalu dan waktu itu lahir dari 4 Bank yang dijadikan 1 Bank yaitu Mandiri, waktu itu terdiri dari Bank Exim, Bank Dagang Negara (BDN), Bank Bumi Daya (BBD) dan Bank Panindo jadi 1 manejer.

“Hampir 24 tahun Bank Mandiri berdiri, kami sudah banyak mengalami pasar sorung, tantangan yang kami hadapi, di tahun 2005 mengalami macet kredit cukup banyak, akhirnya melakukan transfotmasi budaya dan waktu itu Bank Mandiri menerbitkan program budaya dengan nama tik c,”ujar Nungroho.

Dimana banyak nanamkan sisi-sisi integritas ke setiap karyawan, akhirnya rebor kembali sampai dengan sekarang dan sekarang adalah sala satu Bank yang terbesar di Indonesia dan sudah expansi ke luar negeri selain di TL, Singapur dan Malaysia.

Rencana ke depan Mandiri akan membuat digital banking, akhir tahun ini akan melongcen kes banking atau intrnet manegament, kedepan akan ada pengembangan IT untuk memodernisasai perbankan Bank Mandiri di TL.

Kalau di indonesia sudah ada cabang namanya smartfren mandiri. Dimana kita tidak menempatkan banyak froleiner seperti tayler atau cs, rubah namanya menjadi general bankers, itu biasa menbantu satu orang staf biasa melayani semua nasabah yang mau ke tayler walapun mau ke cs.

Seandainya mau ganti kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM), tidak perlu ke cs nanti ada mesin ganti kartu ATM dan buka rekening atau buku tabungan, itu secara otomatis di mesin, semoga perjalannya wakru Bank Mandiri TL semakin modern.

“Orang Timor-Leste bisa melayani nasabah apapun jenisnya, maupun nasabah dari Australia, Chaina juga Indonesia, pegawai bisa melayani semua nasabah, juga kelebihan pegawai lokal disini punya kemampuan bahasa lebih dari satu, seperti bahasa Tetun, Portugis, Inggris juga Indonesia,”tutur Nugroho.

Nugroho menambahkan rencana bulan depan Bank Mandiri, mau rekruk pegawai lokal yang mampu berbica bahasa Mandarin karena belakangan ini banyak nasabah dari Chaina datang. Kemunkinan layani dengan bahasa Mandarin mereka lebih nyaman, tidak bisa bawa lagi pegawai dari Indonesia karena yang punya kompeten itu pegawai lokal yang ada disini.

Mayoritas nasabah Bank Mandiri TL dari sektor perdagangan, kontraktor pemerintah, juga sektor pegawai seperti PNTL, F-FDTL kisaran besar segmen nasabahnya, ada beberapa dari sektor pertanian seperti kopi, itu sebagai komuditas utama, juga turis hotelan.Bank Mandiri di TL sangat intens berdiskusi berkolaborasi dengan pemerintah, Bank Nasional Central Timor Leste (BNCTL), untuk segala hal dalam program pemerintah yang berkaitan dengan perbankan.

Kedepannya akan fokus untuk mengembangkan ke manejamen atau internet banking, tinggal tunggu tanggal mainnya. Mungkin, akan membuat produk garansi untuk transfer ke beberapa Negara yang tidak pakai $ Dollar.

Fasilitas Bank Mandiri yaitu, tabugan, kredit segmen pegawai, bank garansi dan transaksi antara Negara dan bank garansi untuk jaminan proyek pemerintah, juga ATM elektronik yang terintegrasi ke seluru jaringan yang ada di TL. (Merjho)

About dilipost

Check Also

SEFOPE Suspende Traballadores Tuir Gostu

DILI  Post-Reprezentante povu iha Uma Fukun Parlamentu Násional (PN), fo kritika maka’as ba Sekretáriu Estadu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Dili Post Channel

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement