Tuesday , January 24 2023

Makna Ucapan Selamat

Oleh:Yohanes Mau

Ucapan kata selamat tidak lazim lagi di telinga manusia Indonesia yang tersebar di seluruh jagad fana ini. Orang selalu menyampaikan ucapan selamat kepada seseorang yang sukses dalam karir. Orang menyampaikan selamat atas jabatan baru yang diterima dalam hidupnya. Orang menyampaikan selamat kepada yang berulang tahun hari kelahiran dan juga peringatan hari-hari terpenting di dalam sejarahnya hidupnya. Orang menyampaikan selamat di saat hari-hari raya. Orang menyampaikan selamat saat tutup tahun dan buka tahun. Pokoknya aneka ucapan selamat selalu saja ada dan terucap di setiap waktu hidup manusia.

Ucapan selamat adalah kata yang sederhana namun mengandung arti yang kaya makna. Selamat hanyalah kata sederhana yang lazim diucapkan namun di balik itu menyimpan sejuta makna terdalam yang menggoreskan hati setiap insan untuk masuk dan masuk lebih dalam menemukan nilai apa yang terselubung di dalamnya. Dalam Kamus Bahasa Indonesia tertulis selamat artinya terbebas dari bahaya, malapetaka, bencana, terhindar dari bahaya, malapetaka; bencana; tidak kurang suatu apa; tidak mendapat gangguan, kerusakan dan sebagainya; sehat, tercapai maksud; tidak gagal, ucapan pernyataan yang mengandung harapan supaya sejahtera.

Di sini saya hanya mau suguhkan saja sedikit tentang selamat tahun baru 2023 yang lazim dan telah membudaya diucapkan oleh manusia Indonesia dan seluruh dunia. Satu , dua jam sebelum pergantian tahun 2022 menuju tahun 2023 kemarin saya mendapat pesan masuk dari beberapa teman via WA yang bunyinya demikian, “Selamat tahun baru 2023 teman, semoga semakin sukses dalam tugas dan pelayanan selanjutnya. Tuhan memberkati.”  Setelah membaca pesan masuk dari teman ini saya sejenak merenung tentang ucapan kata “selamat” Sangat dasyat ucapan ini. Ucapan yang lahir dari kedalaman lubuk hatinya yang terdalam karena Tuhan masih setia menjaga dan memelihara dia dan saya bisa selamat berotasi bersama jarum jam di tahun 2022 hingga selamat lagi menghantar masuk di lembaran buku hidup tahun 2023.

Ucapan kata, “selamat” adalah ucapan syukur yang selalu menyadarkan nurani setiap insan untuk sejenak bersyukur atas kebaikan Tuhan yang terus mengalir tak pernah berhenti. Tuhan pegang erat segala totalitas hidup dengan segala yang ada di semesta ini untuk setia berotasi mengitari dan melewati hari demi hari dengan sajian segala pengalaman unik menjadi dekorasi warnanya. Di sana ada bahagia, gembira, ratap, tangis dan air mata, suka dan duka melebur di dalam hari dan musim. Semuanya menggores makna terdalam terhadap hidup dan kehidupan yang sedang dilakoni oleh manusia di atas planet bumi ini.

Bumi adalah Ibu yang setia mengandung, melahirkan, membesarkan segala anak penghuninya dengan cinta yang tak pernah harap kembali. Bumi adalah ibu yang setia menggendong para penghuninya dengan cinta yang besar. Bumi adalah ibu yang menjaga dan merawat penghuni jagat tanpa pilih kasih. Bumi adalah ibu yang mengalirkan cinta kepada anak-anaknya di semesta lenggang ini secara total dan tak tersisa sedikit pun. Maka sudahkah kita mengungkapkan rasa terima kasih kita kepada bumi sebagai ibu yang setia merawat dan memeliharah kita hingga saat ini?

Mari kita lantunkan rasa syukur kita kepada Tuhan sebagai sang pemilik segalanya yang selalu setia jaga kita selamat dari awal kehidupan baru hingga nantinya. Juga kita gaungkan rasa terima kasih kita kepada bumi sebagai ibu yang merangkul selamat hingga saat ini.

Ucapan selamat yang sering kita bagikan kepada para sahabat dan kekasih adalah ungkapan syukur terdalam atas napas hidup serta segalanya yang telah kita terima dan akan diterima pada saat-saat mendatang. Ucapan selamat adalah ungkapan yang lahir dari lubuk hati terdalam setiap insan akan sesuatu yang membuat napas dan hidup ini bermakna dan berguna bagi orang lain. Ucapan selamat itu adalah ungkapan iman kepada Tuhan sebagai sang pemilik segalanya yang hadir dan menyata di dalam segala makluk hidup yang sedang menghuni jagad fana ini.

Segala yang ada adalah anugerah Cuma-Cuma dari Allah. Selamat karena Tuhan masih bernama cinta. CintaNya mengalir dari kekal hingga kekal. Dari abadi hingga ke keabadian. Sudahkah anda dan saya sadar akan makna kata “selamat” di setiap lembaran hidup ini? Jikalau belum luangkanlah sedikit waktu dan masuklah ke dalam sunyi yang paling sunyi dan temukanlah makna selamat yang anda telah, sedang dan akan ucapkan di setiap lembaran hidupmu. Sampaikanlah ucapan selamat sebagai doa yang membebaskan dan membahagiakan para sahabat dan orang-orang terkasih yang ada di sekitarmu.

Selamat untukmu semua sahabat dan para kekasihku sekalian yang telah mengucapkan selamat tahun baru untuk saya, untukmu, untuk dia, untuk mereka dan untuk kita selama ini. Terutama ucapan selamat yang telah kita terima dari segala penjuruh dunia di batas tahun 2022 hingga di awal tahun 2023.

Mari kita mulai dengan lembaran-lembaran baru bersama buku hidup 2023.

Tuhan pasti selamatkan kita untuk menjadi alat di tanganNya. Selamat tahun baru 2023 untuk semua. Semangat baru dan harapan baru bersama matahari baru di tahun 2023. (**)

Yohanes Mau Warga Belu Utara Tinggal di Zimbabwe- Afrika.

About dilipost

Check Also

FALSIFIKASI KARL POPPER DAN PENERAPANNYA DALAM MEMAHAMI RADIKALISME ISLAM

Oleh:Antonio Octaviano Marcelo da Cunha(Alumni Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif Ledalero) Abstraksi Salah satu persoalan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Dili Post Channel

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement